Pansus Segera Putuskan 5 Isu Krusial RUU Pemilu, Lewat Musyawarah atau Voting?

detik com Setelah tertunda beberapa kali, Panitia Khusus RUU Pemilu telah menjadwalkan untuk mengambil keputusan terhadap lima isu krusial dalam RUU Pemilu, pada Senin 19 Juni 2017. Keputusan rencananya diambil melalui musyawarah mufakat. Nah, jika buntu, maka akan dilakukan voting.

Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy menuturkan pihaknya telah melaporkan berbagai perkembangan yang terjadi di Pansus RUU Pemilu, seperti sulitnya mengambil kesepakatan terhadap lima isu krusial, yakni soal ambang batas pencalonan Presiden, ambang batas parlemen, metode konversi suara ke kursi, alokasi kursi ke dapil, dan sistem pemilu.

detik com Tak hanya melaporkan, Pansus RUU Pemilu lanjut Lukman juga meminta pimpinan DPR mengagendakan rapat paripurna untuk mengantisipasi lima isu krusial tersebut harus diambil keputusannya di paripurna.

“Termasuk kami minta pimpinan agendakan rapat paripurna di masa sidang ini. Senin ada rapat pengambilan putusan tingkat 1 Pansus akhiri tugasnya,” kata Lukman, Jumat (16/6/2017).

Lukman berharap pada Senin nanti, Pansus RUU Pemilu bisa mengambil keputusan secara musyawarah mufakat. Paling tidak, ditemukan satu formula untuk disepakati antar fraksi.

Namun, bila juga tidak ditemukan kesepakatan, maka Pansus RUU Pemilu paling tidak akan membawa tiga paket untuk dilakukan voting di paripurna. “Jika tiga paket enggak ditemukan maka harapan ketiga, lima isu krusial divoting di paripurna,” papar Lukman.

Lukman juga berharap pimpinan DPR segera mengagendakan rapat paripurna setelah Senin 19 Juni 2017. Hal ini lantaran 1 Agustus 2017 sudah memasuki tahapan pemilu sehingga RUU Pemilu ini harus sudah disahkan pada masa sidang ini.

“Artinya sebelum 27 Juli 2017 UU Pemilu harus disahkan,” pungkasnya. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *